HOLLAGO.ID – Bagi mereka yang memiliki usaha bisnis modal kecil dan ingin membangun kerajaan bisnisnya sendiri wajib diacungi jempol. Keberanian mereka yang menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri serta kontribusi mereka dalam membuka lapangan pekerjaan merupakan ciri khas dari para pebisnis. Ada banyak berbagai macam hal yang bisa dipelajari dalam membangun sebuah usaha bisnis, berawal dari memasarkan produk dengan cermat, mengembangkan produk yang sangat menjanjikan, mempelajari apa kebutuhan masyarakat, hingga berusaha bangkit dari kegagalan.

Namun di tengah kesibukan dalam usaha mengembangkan bisnis modal kecil mereka, terdapat beberapa hal yang tidak boleh dilupakan seorang pebisnis. Pada umumnya, hal ini tidak berurusan dengan bisnis, tetapi pada diri seorang pebisnis dan hubungan pribadinya dengan orang-orang di sekitarnya. Para pebisnis disarankan agar selalu meluangkan waktu mereka untuk hal-hal ini meskipun sedang sibuk, dilansir dari Enterpreneur, berikut ini diantaranya :

Bangun Relasi yang Bermakna
Pergi ke sebuah acara bisnis merupakan suatu ajang dimana agar anda mengenali pelaku bisnis sukses lain dan juga dapat dikenal. Persiapkan diri anda sebaik mungkin dan saling bertukar kartu nama. Melalui networking, anda dapat menemukan orang-orang sepemikiran untuk berbagi ide dan saran. Untuk itu, pastikan bahwa anda melakukan lebih dari sekedar bertemu dan bertukar kartu nama anda saja. Luangkan waktu anda untuk kembali bertemu dengan orang-orang tersebut, dan bangun relasi yang bermakna.

Mencari Cara Melepas Stres
Berdasarkan survey Gallup, perjalanan sebagai seorang wirausahawan atau pebisnis juga ikut berkontribusi dalam meningkatkan rasa stres di diri anda, dampaknya tidak hanya berupa kelelahan fisik saja tetapi juga dari segi mental. Yang terkena efek bukan hanya diri sendiri, melainkan bisnis modal kecil yang sedang anda coba bangun dan mungkin saja orang-orang disekitar anda. Jalan keluarnya ialah dengan tidak menyepelekan stres yang anda alami, carilah waktu untuk meredam stres anda dengan baik, contohnya seperti berolahraga, yoga, ataupun aktivitas lainnya. Jangan menganggap hal seperti ini sebagai “membuang waktu” saja, karena kesehatan anda merupakan hal yang utama.

Berperan Sebagai Mentor
Yang tidak kalah penting lainnya bagi seorang pebisnis sukses ialah mentoring. Apapun jenis bisnis yang dimiliki baik bisnis modal kecil ataupun modal besar, mentoring ini perlu bagi anda sebagai pelaku bisnis dan pegawai anda merupakan aset yang berharga. Berinvestasilah pada pegawai anda dan bantu mereka dalam menemukan passion, juga berikan mereka sedikit ruang untuk menjelahahi kelompok dan proyek yang mendapat daya tarik mereka. Lakukan agar mentoring ini menjadi berkelanjutan di tempat kerja anda, dengan begitu pegawai anda bisa menjadi mentor juga bagi bawahan mereka.

Tentunya para pemimpin ingin agar sosoknya dikenal sebagai figur yang dapat mengembangkan bawahannya. Hal ini bukan hanya membantu dalam kesuksesan usaha bisnis anda saja, tetapi memberikan kepuasan bagi diri sendiri dan orang lain.

Habiskan Waktu Bersama
Perlu diingat bahwa jangan sampai anda lupa bahwa untuk siapakah anda melakukan bisnis modal kecil ini. Berinteraksilah dengan pelanggan anda dan perhatikan tentang bagaimana mereka menggunakan layanan yang anda berikan. Bahkan bisa saja para pelanggan anda memberikan ide yang menarik, jika anda bingung bagaimana cara berinteraksi dengan pelanggan, di masa kini banyak cara untuk melakukannya, mulai dari webinar bertema, atau memanfaatkan fitur media sosial seperti live chat di instagram, atau live di facebook, dan sebagainya. Hal ini juga bermanfaat untuk memberikan anda insight terhadap usaha bisnis modal kecil anda.

Cuti
Jangan lupa untuk cuti, jangan lupa untuk mengambil liburan anda. Memang meninggalkan usaha bisnis modal kecil anda akan membuat cemas rasanya, bahkan menegangkan. Tetapi tetap, anda memerlukan yang namanya istirahat sejenak dan refreshing untuk menyegarkan pikiran, yaitu dengan cuti. Selain bermanfaat untuk meringankan stres dan menyegarkan pikiran anda, cuti juga bisa memberikan anda waktu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, dan membantu dalam meningkatkan produktivitas anda, bahkan mencegah penyakit jantung. Selain itu terdapat juga fungsi lainnya dari efek cuti yang anda ambil, yaitu mendelegasikan tugas ke pegawai.

Ya, hal ini juga bisa bermanfaat untuk mendelegasikan tugas ke pegawai anda dan berikan pegawai anda kesempatan bahwa mereka dapat memimpin usaha bisnis anda disaat anda sedang tidak ada. Dengan hal ini, anda akan membangun kompetensi, mengembangkan perkembangan tim, serta memberikan ruang untuk anda sendiri. Dan ketika anda usai cuti liburan, anda bisa lebih fokus pada tugas anda dengan prioritas yang lebih tinggi.

Baca Juga : Tips Bisnis Modal Kecil Lancar Meski Sedang Liburan

Daftar Mitra Hollago