HOLLAGO.ID – Menjadi seorang pebisnis tentunya membuat hari-hari anda akan padat dengan kesibukan yang penting, mulai dari meeting internal dengan karyawan, bertemu dengan klien bisnis anda, ataupun harus keluar kota untuk urusan usaha bisnis anda, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semua hal ini pastinya akan membuat anda sebagai pebisnis menjadi memiliki waktu yang sempit dan kadang bisa tidak fokus dengan berbagai hal penting yang telah terlewatkan.

Sebagai seorang pebisnis modal kecil yang sibuk, yang namanya manajemen waktu yang baik sangat dibutuhkan. Dan dilansir dari laman Thrive Global, berikut ini beberapa tips dalam memanajemen waktu yang baik :

Membagi Tugas Kecil Pada Karyawan
Anda bisa membiarkan karyawan anda untuk menjalani tugas dan hal kecil lainnya yang ada. Hal ini akan memberikan anda sedikit jeda waktu untuk bernapas sejenak. Memang terkadang banyak pebisnis tidak sadar jika hingga kini mereka masih mengurus hal-hal kecil yang seharusnya bisa dilakukan oleh orang lain atau karyawan anda.

Membuat Skala Prioritas
Umumnya sebagai seorang pebisnis membuat waktu 24 jam itu terasa sangatlah kurang karena ada banyak kegiatan yang dilakukannya dalam satu hari. Maka dari itu, mulailah membuat daftar kegiatan dan buat skala prioritasnya tentang hal apa yang akan dilakukan pertama kali pada hari itu. Setelah membuatnya, anda bisa memulai tugas dimulai dari yang paling penting lebih dulu, baru lakukan sisanya.

Tentukan Tugas Pertama Anda Pada Pagi Hari
Disaat pagi sebelum berangkat ke kantor, baiknya anda memutuskan tugas awal apa yang akan diambil hari ini. Usahakan agar melakukan tugas tersebut dari yang paling penting, agar di akhir hari anda tidak akan terasa begitu berat. Selain itu, melaksanakan tugas tersulit di pagi hari akan terasa mudah dan ringan karena energi yang masih penuh.

Buatlah Jadwal Kegiatan
Luangkanlah sedikit waktu anda untuk membuat jadwal kegiatan bisnis, hal ini akan membuat keseharian anda menjadi lebih jelas dan mudah karena teratur.

Memulai Hari Lebih Awal
Walaupun menjadi seorang pebisnis modal kecil yang super sekali sibuknya, membuat anda harus menambah jam kerja atau harus lembur. Tetapi jangan jadikan hal itu untuk anda memulai kerja lebih siang lagi. Memulai pekerjaan anda lebih awal akan membantu anda dalam mengurangi risiko harus lembur kerja dan membuat anda untuk memiliki waktu yang lebih banyak untuk beristirahat.

Sempatkan Beristirahat
Walaupun sesibuk apapun, yang namanya istirahat juga penting. Luangkan sedikit waktu beberapa menit untuk mengistirahatkan diri anda di sela-sela kesibukan anda. Hal ini akan membuat anda kembali bugar setelah sebelumnya kelelahan. Dengan beristirahat juga memunculkan ide yang bisa diterapkan pada bisnis modal kecil anda.

Baca Juga : Walau Sibuk, Hal ini Pantang Dilupakan Pebisnis Modal Kecil

Daftar Mitra Hollago