HOLLAGO.ID – Membuka usaha bisnis dan memiliki penghasilan dari bisnis sendiri merupakan salah satu keinginan semua orang. Karena memang pada umumnya, walaupun mereka menyandang status pegawai atau karyawan, mereka tetap menginginkan adanya sebuah bisnis kecil yang mereka jalani, baik untuk penghasilan tambahan, ataupun menyalurkan hobinya menjadi ide bisnis. Dan yang menjadi suatu paradigma hingga kini adalah bahwa memulai bisnis untung besar itu diperlukan juga modal yang besar.

Padahal, pada kenyataannya tidak demikian. Ada banyak bisnis modal kecil untung besar yang sudah diterapkan oleh berbagai macam orang, dan mereka bisa meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah dan ada yang menyentuh milyaran. Bagi sebagian orang, memulai bisnis merupakan hal yang tepat. Namun bagi sebagian yang lainnya tentu banyak yang takut untuk memulai bisnis modal kecil mereka. Perlu diketahui bahwa pada dasarnya semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam berbisnis modal kecil maupun modal besar. Jika anda seseorang yang masih takut mengalami kegagalan dalam berbisnis, sebaiknya ada mengetahui tips atau langkah-langkah dalam memulai bisnis modal kecil untuk pemula ini :

Menentukan Jenis Usaha
Hal pertama dalam memulai bisnis modal kecil tentunya menentukan jenis usaha modal kecil apa yang akan dipilih. Ada banyak macam bisnis modal kecil yang menjanjikan, namun manakah yang anda sukai dan inginkan. Bisnis modal kecil seperti membuka warung, bisnis makanan ringan seperti berjualan kue dan keripik bisa menjadi salah satu pilihan anda. Sebab pada dasarnya bisnis modal kecil mengacu pada usaha yang sederhana. Jenis usaha yang dipilih nantinya akan menentukan modal yang harus dikeluarkan. Maka dari itulah, anda perlu selektif dalam memilih bisnis modal kecil apa yang mau anda pilih. Walaupun anda memilih bisnis modal kecil tetapi bukan berarti anda tidak bisa memperoleh untung besar.

Melakukan Riset Pasar
Sebelum anda memulai bisnis modal kecil, penting untuk melakukan riset pasar secara mendalam. Riset pasar ini sangat berguna untuk mengetahui peluang bisnis modal kecil dalam mengetahui kebutuhan masyarakat saat ini. Selain itu, riset ini juga berguna untuk menentukan berapa banyak pesaing yang memiliki bisnis yang sama. Dari hasil riset tersebut nantinya anda akan mendapatkan berbagai macam referensi bisnis modal kecil yang cocok, bagaimana pengelolaannya dan cara untuk bertahan di tengah persaingan bisnis. Segala bentuk informasi tersebut hanya bisa diperoleh melalui riset pasar ini.

Menghitung Modal Awal
Setelah anda menentukan bisnis modal kecil apa yang dipilih dan melakukan riset pasar, maka kini anda memasuki tahap mengenai modal bisnis yang akan digunakan nantinya. Lakukan penghitungan yang teliti hingga ke unsur pendukung usaha, apabila hasil hitungannya menunjukkan nominal yang relatif besar, maka anda perlu mencari cara lain untuk mengurangi modal bisnis dengan adanya penekanan pada keperluan ini itu, ataupun mengganti jenis bisnis modal kecil lainnya.

Melakukan Penghematan Biaya Operasional
Penghematan biaya operasional bisa menjadi salah satu cara efektif yang patut untuk dicoba dalam melakukan bisnis modal kecil. Perlu anda ketahui bahwa dalam berbisnis modal kecil, ada yang namanya biaya tetap dan biaya variabel. Biaya tetap merupakan anggaran yang memang tidak dapat diubah-ubah lagi, sedangkan biaya variabel ini merupakan anggaran yang bisa berubah sesuai dengan penggunaan dan kebutuhan. Ini artinya kendala modal bisnis bisa anda atasi dengan menekan biaya variabel yang harus dikeluarkan.

Manfaatkan Keahlian Anda
Dalam membangun bisnis modal kecil untung besar, anda juga dapat memanfaatkan keahlian yang anda miliki saja. Contohnya jika anda memiliki keahlian dalam membuat kue atau makanan ringan lainnya, maka manfaatlah keahlian anda tersebut dengan membuka bisnis katering. Maka dari itulah, jika anda memiliki keahlian dalam suatu bidang, jangan ragu untuk menggunakannya. Karena bisa saja, kesempatan ini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan anda.

Manfaatkan Barang yang Masih Layak
Dalam memulai bisnis modal kecil, tidak selalu menggunakan peralatan yang serba baru. Tentunya anda tahu bahwa peralatan baru terkadang memiliki harga yang relatif mahal. Berbeda dengan anda menggunakan atau membeli barang bekas yang masih layak untuk digunakan. Pastinya modal yang dibutuhkan tidak akan sebesar jika anda membeli barang baru. Dengan begitu modal bisnis yang anda keluarkan juga bisa di minimalisir lagi.

Dapatkan Bahan Baku Termurah
Dalam mengusahakan agar bisnis modal kecil anda berjalan dengan lancar, ketersediaan bahan baku atau produk yang akan dijual menjadi salah satu hal yang penting. Bahan baku yang berkualitas baik tentunya akan memiliki harga yang mahal pula, tetapi ada juga saat dimana bahan mengalami penurunan harga, dan ini menjadi saat-saat dimana kemampuan anda diuji dalam memanajemen kebutuhan bahan baku. Bagaimana anda mengatur pengeluaran dan menyimpan bahan baku saat harga sedang turun, ataupun melakukan stok bahan baku untuk menghindari kelangkaan ataupun lonjakan harga di kemudian hari. Kemampuan ini dapat anda pelajari melalui pengalaman yang anda miliki sebelumnya.

Menentukan Lokasi Usaha
Salah satu biaya terbesar yang diperlukan dalam memulai bisnis modal kecil ataupun besar ialah untuk biaya sewa tempat usaha. Semakin strategis lokasinya maka semakin tinggi pula biaya sewanya, hal ini yang menjadi suatu kendala yang dialami bagi pebisnis modal kecil dalam membangun sebuah usaha. Walaupun begitu, hal ini bisa anda lewati dengan solusi lainnya, yaitu bisnis rumahan. Hingga kini cukup banyak bisnis modal kecil rumahan untuk menekan biaya sewa tempat, dan lebih baik jika anda menawarkan jasa layanan delivery. Dengan begitu anda dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan, anda hanya perlu menambah biaya pengeluaran untuk bensin saja.

Tak Perlu Rekrut Karyawan
Ini merupakan salah satu sumber pengeluaran yang dibutuhkan dalam berbisnis modal kecil, yaitu tenaga karyawan. Mungkin bagi anda yang memang mempunyai modal yang besar mungkin tidak masalah jika merekrut karyawan, tetapi sebaliknya bagi anda yang memiliki bisnis modal kecil tentu lebih baik untuk mengurangi pengeluaran untuk membayar gaji karyawan tersebut. Dengan begitu, dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk keperluan usaha yang lainnya. Disaat anda memulai bisnis modal kecil, lebih baik anda tidak merekrut karyawan, namun jika bisnis modal kecil anda semakin meningkat dan menghasilkan profit yang kian meningkat, maka ada baiknya membutuhkan tenaga tambahan untuk membantu anda.

Promosi dengan Media Sosial
Dalam berbisnis modal kecil, salah satu kendalanya ialah media promosi. Tentu akan memakan modal yang cukup besar untuk biaya promosi tersebut. Hal ini tentu akan menguras biaya anda, maka dari itu bagi anda yang memiliki bisnis modal kecil, sebaiknya lakukan promosi gratis dengan memanfaatkan media online seperti media sosial atau jejaring sosial di masa kini. Walaupun gratis, promosi ini juga dapat memberikan hasil yang maksimal. Selain itu, promosi menggunakan media sosial ini merupakan hal paling efektif yang dilakukan di masa kini.

Daftar Mitra Hollago