HOLLAGO.ID – Pada era teknologi yang kini telah mengalami perkembangan pesat. Kemajuan teknologi ini banyak dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang untuk berbisnis. Karena hal itulah bisnis online bukan lagi hal yang mengejutkan saat ini, ada banyak beragam jenis bisnis online, mulai dari bidang jasa hingga produk barang sekalipun. Namun dalam menjalankan bisnis modal kecil online ini, salah satu hal yang penting untuk meningkatkan penghasilan ialah konten. Konten ini merupakan salah satu bentuk informasi yang ingin anda sampaikan pada khalayak luas melalui media.

Pada saat ini, para pelaku bisnis modal kecil online memanfaatkan media sosial sebagai salah satu cara dalam menyebarkan konten bisnis online mereka. Konten tersebut diantaranya ialah Facebook, Instagram, Twitter, hingga YouTube. Konten bisnis ini bisa berupa macam-macam, mulai dari tulisan, gambar, maupun video. Nah, oleh sebab itulah banyak orang yang menyebutkan bahwa konten sangat penting untuk bisnis modal kecil online ini. Konten yang bagus dan berkualitas tentu akan memberikan tanggapan atau feedback yang dapat membantu anda dalam meningkatkan nilai brand produk anda.

Lalu bagaimana caranya membuat konten yang bagus dan menarik untuk meningkatkan bisnis modal kecil online anda ?
Menurut Patrix Tenario (Creative Content Director, Connect Part of GroupM) terdapat 5 kunci utama dalam membuat sebuah konten yang bagus untuk meningkatkan bisnis modal kecil online anda :

Membuat Rencana Publikasi Konten Anda
Sebuah perencanaan yang matang tidak hanya diperlukan pada pembangunan gedung dan infrastruktur saja, dalam pembuatan sebuah konten juga memerlukan perencanaan yang betul-betul matang. Jika pembuatan konten tidak didasari perencanaan yang baik, tidak menutup kemungkinan adanya kesalahan yang membuat semuanya jadi berantakan. Hal pertama yang perlu direncanakan ialah mengenai jenis konten yang seperti apa yang ingin dibuat. Rencanakan untuk membuat konten harian, konten mingguan, dan konten bulanan. Lalu hal penting lainnya ialah jangan lupa untuk menganalisis konten yang telah dipublikasikan, ini penting untuk mengetahui feedback dari hasil konten tersebut pada bisnis modal kecil online anda.

Membuat Tema Konten yang Tepat Sasaran
Setelah anda membuat perencanaan untuk konten bisnis modal kecil online anda, hal selanjutnya yang anda perlu ketahui ialah konten anda sesuai sasaran atau target market anda.

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk itu ?

Anda perlu mengetahui siapa saja target market untuk konten bisnis online anda, apakah remaja, anak-anak, atau orang tua. Tentu anda perlu tahu untuk meningkatkan hasil feedback yang jauh lebih baik. Terlebih lagi jika anda tidak bisa menganalisis siapa saja target market anda dan konten bisnis yang dibuat menjadi salah sasaran, hal ini akan mempersulit anda dalam mengembangkan bisnis modal kecil online anda. Untuk itulah mengapa mengetahui target market anda itu penting. Dalam membuat konten bisnis online anda, terkadang anda perlu untuk memosisikan diri sebagai calon pelanggan untuk mengetahui bahwa konten anda tepat pada sasaran target market bisnis online anda.

Gunakan Prinsip ATM
Prinsip ATM ini sudah bukan menjadi rahasia lagi dan sudah banyak para kreator konten yang menerapkannya. ATM atau “Amati Tiru dan Modifikasi” ini menjadi salah satu trik kreator konten dalam membuat konten bisnis online mereka, terlebih lagi disaat sedang stuck dan tidak memiliki ide sama sekali. Bisnis modal kecil online anda tentu bisa menggunakan prinsip ini untuk meningkatkan engagement & feedback pada konten bisnis anda. Namun perlu diketahui kata Tiru pada prinsip ATM ini bukan berarti anda mengambil konten tersebut dan diupload ulang, melainkan anda meniru pola konten mereka dan buat dengan kreasi ide anda. Lagipula jika anda melakukan hal tersebut, anda juga bisa terkena tuntutan hak cipta nantinya, merepotkan bukan ?

Tetap Konsisten
Penerapan konsisten penting dalam segala sesuatunya, termasuk pembuatan konten untuk bisnis modal kecil online anda. Dalam pembuatan konten bisnis online anda, konsisten ini penting hukumnya. Sebab dalam berbisnis online, penawaran produk bisnis anda tidak hanya dilakukan dengan cara hard selling saja, tetapi juga dengan cara soft selling. Jika anda tidak konsisten, para audiens anda akan memiliki potensi rendah menjadi pelanggan anda karena tidak menunjukkan sikap serius yang tampak dari sikap konsisten tersebut. Dengan adanya sikap konsisten ini akan membantu produk bisnis online anda lebih mudah dikenal, selain itu juga bisa menyebabkan bisnis online anda menjadi top brand reputation.

Jangan Malu Untuk Menunjukkan Karya Anda
Patrix Tenario juga menyebutkan bahwa selain keempat hal diatas, kreativitas seseorang perlu untuk selalu diasah. Maka dari itu proses trial and error akan memiliki peranan penting. Anda tidak perlu merasa takut dalam menunjukkan kreativitas anda dalam membuat suatu konten. Karena bisa saja konten yang anda buat ternyata berpotensi besar dalam perkembangan bisnis modal kecil online anda.

Baca Juga : Tips Sukses Menjalankan Bisnis Modal Kecil Online

Daftar Mitra Hollago