HOLLAGO.ID – Pada umumnya, pastinya seseorang membutuhkan waktu untuk beristirahat secara berkala sebagai pengalihan terhadap kesibukan mereka, baik pekerjaan maupun bisnis. Dan salah satu hal yang umumnya dilakukan ialah dengan pergi berlibur. Dan kebiasaan ini sudah kita rasakan sejak pertama kali duduk di bangku Sekolah Dasar dahulu, dimana setelah beberapa bulan belajar, para siswa akan mendapatkan masa libur sekolah yang cukup lama sebelum kembali bersekolah lagi.

Namun bagaimana urusannya jika anda yang pemilik bisnis modal kecil ikut libur ? Bagaimana dengan bisnis modal kecil anda nantinya yang ditinggalkan selama anda pergi berlibur ? Adakah cara agar bisnis tetap berjalan dengan lancar meskipun anda tinggalkan pergi berlibur ?

Maka dari itulah, berikut ini beberapa tips yang tepat agar bisnis modal kecil anda bisa berjalan dengan lancar meskipun disaat anda sedang pergi berlibur :

Alokasikan Waktu dengan Tepat Untuk Mengawasi Bisnis
Salah satu hal yang penting supaya bisnis modal kecil anda berjalan lancar di tengah liburan ialah dengan mengalokasikan waktu anda yang tepat untuk mengelola bisnis modal kecil anda. Karena disaat berlibur mengelola bisnis bukanlah hal yang utama, maka anda perlu menyediakan waktu untuk sekedar memeriksa laporan bisnis anda. Pada biasanya waktu yang tepat ialah pada pagi hari, karena kondisi tubuh yang masih bugar dan kegiatan liburan anda belum dimulai.

Dengan ini, anda tetap dapat memantau progresif bisnis modal kecil anda tanpa harus merusak waktu liburan anda. Apabila waktu anda di pagi hari tidak cukup, anda bisa melanjutkannya di malam hari. Walaupun sudah lelah, anda bisa melakukan pekerjaan bisnis anda sambil menunggu kantuk datang. Disaat anda dapat memanfaatkan waktu senggang saat berlibur secara optimal, bukan sebuah alasan untuk meninggalkan urusan bisnis anda.

Buat List Daftar yang Perlu Dilakukan
Membuat list daftar yang perlu dilakukan atau “to do list” dapat mempermudah anda dalam mendisiplinkan diri disaat berlibur. Ketika anda telah memiliki daftar kegiatan apa saja yang akan dilakukan ketika pergi berlibur, waktu anda juga tidak akan terbuang sia-sia untuk memikirkan destinasi liburan yang akan dituju. Dengan ini, quality time yang anda habiskan akan terasa terencana.

Berpegang pada list daftar yang akan dilakukan dapat membantu anda supaya tidak kewalahan dalam melakukan segala aktivitas berlibur jika dilakukan dengan disiplin. Kemungkinan anda kekurangan waktu luang atau beristirahat karena asik berlibur juga dapat diminimalisir. Jadi, waktu anda untuk mengelola bisnis modal kecil anda tidak akan terenggut.

Cuti Berlibur Untuk Mengurus Bisnis
Rasanya mungkin aneh jika harus terpaksa tidak libur demi mengurus pekerjaan. Tetapi disaat beban pekerjaan tidak bisa ditunda, memilih seharian bekerja disaat libur tidak ada salahnya juga untuk dilakukan. Karena dengan melakukan hal ini, beban pikiran anda dapat berkurang dan anda bisa lebih menikmati hari libur tanpa harus memikirkan beban tersebut.

Jangan Habisi Seluruh Waktu Untuk Berlibur
Akan lebih baik dan bijaksana rasanya jika anda menyisihkan sedikit waktu untuk mengurus keperluan bisnis anda walau disaat berlibur. Apalagi disaat ada masalah penting yang memang harus segera diselesaikan. Untuk itulah, jangan habiskan waktu anda yang 24 jam itu hanya untuk bersenang-senang saja. Walaupun sedang refreshing dari masalah pekerjaan, beban kerja yang anda miliki tetap menjadi tanggung jawab yang wajib untuk segera diselesaikan. Dengan menyisihkan sedikit waktu anda, anda dapat mengelola bisnis modal kecil anda dengan baik.

Rencanakan Jadwal Kerja Pasca Liburan
Berlibur disaat masih memiliki kerjaan dapat membuat hal tersebut kian menumpuk. Beban pikiran juga mudah dirasakan karena pekerjaan yang harus diselesaikan dengan segera. Maka dari itu, rencanakan jadwal kerja pasca liburan hendaknya anda lakukan. Anda juga tidak akan merasa kewalahan untuk menyelesaikan tugas yang menumpuk tersebut. Usahakan membuat skala prioritas pada pekerjaan yang mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Yang namanya berlibur memang kebutuhan dan hak anda, namun hal itu bukanlah suatu alasan untuk tidak tetap produktif dan meninggalkan tanggung jawab pekerjaan anda. Anda tetap bisa mengurus urusan bisnis anda walau tengah berlibur sekalipun, paling tidak memantau kondisi bisnis modal kecil anda dan mengatur laporan bisnis.

Baca Juga : Nasihat Bob Sadino Agar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Daftar Mitra Hollago