HOLLAGO.ID – Halo sahabat Hollago semua, yang namanya gulung tikar alias bangkrut tentunya merupakan sebuah mimpi buruk bagi seorang pebisnis yang mengkhawatirkan bukan ? Apalagi bagi seorang pebisnis pemula yang baru terjun ke dunia bisnis. Bagi seorang pebisnis awam di ranah bisnis modal kecil, terjadinya kebangkrutan ini menjadi salah satu langkah mati yang tidak dapat diantisipasi lagi. Ada banyak berbagai macam penyebab bisnis modal kecil anda berujung gulung tikar, dan penting bagi anda untuk mengetahui berbagai penyebabnya untuk mengantisipasi terjadinya gulung tikar di usaha anda.

Sebagai seorang pebisnis yang baru mulai, memang anda perlu berani dalam mengambil berbagai tindakan dalam meningkatkan bisnis anda, namun ada juga beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan bisnis modal kecil anda, terutama sebagai pebisnis pemula. Berikut ini beberapa hal diantaranya :

Perencanaan Bisnis yang Tidak Matang
Meskipun yang anda jalani ialah bisnis modal kecil, yang namanya planning atau perencanaan yang matang tetaplah diperlukan untuk jangka pendek dan jangka panjangnya. Disamping itu diperlukan juga yang namanya strategi dalam menjalankan bisnis anda.

Perencanaan yang baik akan memudahkan anda dalam mengembangkan bisnis anda. Bayangkan apa yang anda inginkan dari bisnis anda dalam beberapa tahun yang akan datang, lalu persiapkanlah strategi bisnis yang baik.

Menjalani Tidak Dengan Sepenuh Hati
Hal ini merupakan salah satu yang sering terjadi pada bisnis modal kecil. Sangat disayangkan rasanya jika melakukan sesuatu apalagi dalam berbisnis, sudah mengeluarkan tenaga, waktu, serta uang, namun dilakukan hanya dengan setengah hati atau ogah-ogahan.

Suatu kesuksesan hanya dapat diraih bagi mereka yang memang tangguh dan melakukan sepenuh hati dalam berbisnis, tidak peduli bisnis modal kecil ataupun bermodal besar sekalipun. Jika memang dilakukan dengan effort yang maksimal, maka hasil yang maksimal juga akan diperoleh.

Kurang Promosi
Dalam melakukan bisnis modal kecil ataupun modal besar, satu hal yang penting adalah melakukan pemasaran atau promosi. Meskipun produk yang anda pasarkan mempunyai kualitas yang bagus namun tidak ada orang yang tahu, hasilnya ya percuma juga. Promosi merupakan hal penting untuk membuat masyarakat aware terhadap produk anda.

Pada masa kini, sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan berbagai sarana promosi yang sudah ada secara gratis, yaitu media sosial. Buatlah promo misal diskon harga dan meminta bantuan teman atau keluarga anda sebagai salah satu testimoni pengguna produk anda.

Bersikap Pasif
Sebagai seorang pebisnis modal kecil, pelanggan anda tidak akan datang begitu saja. Maka dari itu diperlukan adanya suatu usaha agar berhasil, mau atau tidak, anda perlu berinteraksi dengan berbagai pihak, mulai dari calon pelanggan, calon rekan kerja ataupun sesama pebisnis lain.

Kemampuan dalam membangun sebuah jaringan sangat penting untuk kemajuan bisnis anda. Terlebih lagi, dengan berinteraksi dengan berbagai macam orang, apalagi dengan seorang pebisnis lainnya, ini dapat memberikan banyak ilmu dan sharing lainnya bagi anda.

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Modal Kecil Untuk Pemula

Daftar Mitra Hollago