Cara Sukses Di Usia Muda

HOLLAGO.ID – Percaya atau tidak bahwa cara sukses di usia muda bukanlah suatu hal yang mustahil pada masa kini. Jika mungkin dulu kita mengetahui bahwa untuk meraih sebuah kesuksesan dalam berbisnis modal kecil untung besar memerlukan waktu yang cukup lama dan bahkan menjadi sukses hanya bisa diraih pada saat sudah dewasa atau bahkan tua. Karena pada masa kini telah banyak yang membuktikan bahwa untuk sukses di usia muda bukanlah hal yang mustahil, hal ini bisa diketahui dari banyak yang sukses di usia muda berkat wirausaha, baik wirausahanya di bidang pelayanan produk maupun jasa. Hal ini menandakan bahwa cara sukses itu bisa dicapai siapa saja tanpa memandang usia dan latar belakang. Banyak enterpreneur muda masa kini yang menjadi pengusaha dari nol, seperti mencoba bisnis modal kecil online seperti dropshipper atau berjualan di internet sebagai bisnis sampingan.

Contohnya saja seperti Nadiem Makarim, beliau merupakan salah satu contoh nyata bahwa sukses di usia muda bukanlah hal yang mustahil. Nadiem Makarim merupakan seorang penemu sekaligus merupakan seorang CEO dari Go-jek, yaitu layanan transportasi ojek yang berbasiskan aplikasi, sebelum kini telah menjabat sebagai seorang menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Bahkan sebelum ia mendirikan Go-jek, Nadiem Makarim juga pernah menjadi Co-Founder dan Managing Director dari Zalora Indonesia saat tahun 2011.

Lalu bagaimana cara jadi orang sukses dari nol ? Pertanyaan ini merupakan satu dari sekian banyak pertanyaan yang dilontarkan, banyak sekali masyarakat yang ingin belajar menjadi pengusaha sukses agar kelak dapat sukses di usia muda mereka. Namun untuk dapat meraih kesuksesan bukanlah hal yang instan dan memerlukan sebuah proses panjang yang harus dijalani dengan niat, tekun, dan sikap yang pantang menyerah. Ketiga hal inilah yang umumnya sering terjadi pada para pelaku bisnis yang baru terjun dan melakukan semua hal dengan setengah-setengah, alhasil pada akhirnya yang mereka temukan adalah kesuksesan yang tertunda, namun karena sifat pantang menyerah dan ketekunan yang rendah, akhirnya banyak dari mereka yang memilih menyerah daripada melanjutkan perjuangan bisnis mereka.

Cara Sukses Di Usia Muda

Terdapat banyak cara sukses menjadi pengusaha dari nol, bahkan sukses di usia muda tanpa kuliah pun bukanlah hal yang mustahil jika memegang teguh prinsip dan ketiga hal yang sebelumnya disebutkan. Namun agar dapat mempermudah langkahmu dalam belajar menjadi pengusaha sukses, berikut ini beberapa tips dan “kiat sederhana” agar dapat memotivasi kamu dalam berbisnis modal kecil dan sukses di usia muda kamu, berikut ini diantaranya. Disimak dengan baik ya!

Tidak Hanya Kerja Keras, Namun Kerja Cerdas
Pada saat kamu memutuskan untuk menjadi pengusaha dari nol, tidak hanya kerja keras saja yang kamu butuhkan, tetapi juga kerja cerdas! Kedua hal ini merupakan dua hal wajib yang harus kamu pegang teguh dan lakukan. Kerja keras memang satu hal yang wajib dilakukan, namun cara sukses di usia muda tidak hanya dengan kerja keras saja, dengan menerapkan kerja cerdas hal ini akan mempermudah kamu dalam belajar menjadi pengusaha sukses dengan mencapai berbagai target yang diinginkan secara efektif. Para pengusaha muda yang sukses tidak hanya mengandalkan kerja keras dalam mencapai keinginan mereka, tetapi dibarengi dengan kerja cerdas mereka untuk mengatur strategi dan siasat lainnya. Jadi jangan hanya kerja keras saja ya.

Berteman Dengan Risiko
Berteman dengan risiko? Maksudnya bagaimana ya? Ya layaknya berteman dengan teman saja, akrab. Maksudnya ialah bahwa dalam belajar menjadi pengusaha sukses tidak hanya seputar bisnis, usaha dan sukses saja, tetapi juga risiko. Mungkin jika kamu memandang mereka yang sudah sukses di usia muda, kamu akan berpendapat bahwa hidup mereka ialah tentang cara sukses saja, tetapi pada faktanya mereka juga mencari cara untuk berteman akrab dengan risiko dan berbagai kendala lain dalam bisnis mereka. Sebelum sebuah bisnis modal kecil untung besar, tentu ada berbagai hal yang akan dialami, tak terkecuali dengan berbagai macam risiko yang ada, terutama bangkrut. Maka dari itulah, persiapkanlah hati secara terbuka dan teguh menghadapi berbagai risiko bisnis yang ada dan bertemanlah dengan mereka. Sebuah manajemen risiko berperan penting dalam hal ini dan menjadi salah satu bahan pembelajaran yang tidak pernah berhenti seorang pengusaha muda pelajari untuk dikuasai.

Tidak Takut Menghadapi Hidup Susah
Seperti pada poin sebelumnya, belajar menjadi pengusaha sukses yang sukses di usia muda harus berteman baik dengan risiko, dengan begitu mereka tidak akan takut dengan yang namanya hidup susah. Karena pola pikir semacam ini menjadi salah satu hambatan dalam mencapai kesuksesan tersebut. Kebanyakan pengusaha muda yang baru terjun akan takut mengambil sebuah kesempatan karena takut akan risiko dampaknya yang datang nantinya, apalagi jika berdampak pada kehidupan sosialnya. Namun percayalah bahwa sebuah kegagalan jika kamu bekerja dengan cerdas, hal itu merupakan salah satu kesuksesan yang tertunda dan dengan begitu pula kamu mulai menerka-nerka pola yang cocok untuk bisnis modal kecil yang kamu jalani saat ini. Perlu kamu ketahui para pengusaha juga pernah gagal dan bahkan mengalami kegagalan tersebut hingga berkali-kali jauh lebih banyak daripada kamu, namun apa yang mereka lakukan? Tetap saja mencoba, bangkit kembali hingga akhirnya menemukan sebuah pola yang cocok untuk bisnis mereka, alhasil ini menjadi cara sukses mereka sendiri. Semua orang sukses di usia muda berkat wirausaha juga mengalami hal seperti ini, jadi bukan hanya kamu saja yang pernah merasakan kegagalan dalam belajar menjadi pengusaha sukses. Jadi, jangan takut akan hidup susah dan tetap bersemangat penuh ya!

Pilih Pendidikan Sesuai Bakat & Minat
Perlu ditekankan sekali lagi bahwa pendidikan merupakan hal yang penting, dan untuk menunjang kesuksesan di usia muda, pilih pendidikan yang kamu tempuh dengan dasar minat serta bakat. Terkadang hal ini menjadi sesuatu yang keliru, karena cukup banyak generasi muda yang memilih pendidikan hanya dikarenakan kepuasan semata, dan bahkan ada juga yang dikarenakan ikut-ikutan teman saja. Hal ini memang bukan hal yang salah, namun dikhawatirkan hanya akan membebankan nantinya karena tidak memiliki minat atau bakat pada pendidikan tersebut, akhirnya merasa stres dan tertekan. Namun lain lagi jika menempuh pendidikan sesuai dengan minat ataupun bakat yang dimiliki, hal ini juga dapat membantu dalam menjadi pengusaha dari nol, karena dapat membantu dalam perkembangan usaha atau hal mendukung lainnya yang dapat membantu agar bisnis modal kecil yang dilakukan dapat berkembang secara optimal. Ingat, jangan menempuh pendidikan hanya karena ajakan teman saja ya. Pastikan hal tersebut sesuai dengan minat kamu secara pribadi!

Sisakan 25 Persen Pendapatanmu Pertahunnya Untuk Ditabung
Cara sukses di usia muda yang paling mendasar ialah dari kebiasaan diri sendiri untuk menabung. Setidaknya sisihkan 25 persen dari pendapatanmu untuk ditabung per tahunnya. Kebiasaan menabung merupakan suatu kebiasaan yang jarang sekali dilakukan, terlebih lagi bagi generasi masa kini yang cenderung lebih suka bergaya hidup mewah walau hanya sesaat. Padahal menabung merupakan investasi masa depan, dengan menabung setiap saat akan membantu diri kita sendiri disaat kita tengah mengalami masa-masa sulit, baik karena masalah finansial ataupun untuk kesehatan jikalau jatuh sakit.

Gunakan Tabungan Untuk Berinvestasi
Cara sukses di usia muda yang sudah banyak dilakukan ialah dengan berinvestasi. Cukup jarang generasi muda yang mau untuk melakukan investasi dan lebih memilih memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka. Padahal dengan berinvestasi, ini bisa menjadi suatu cara belajar menjadi pengusaha sukses untuk masa yang akan datang. Dengan berinvestasi pun kamu bisa mendapatkan passive income yang bisa dipergunakan untuk kebutuhan lainnya nanti. Atau kamu bisa berinvestasi ilmu dengan mengikuti berbagai seminar dan workshop lainnya untuk meningkatkan wawasan dan membangun koneksi dengan berbagai macam orang.

Bersikap Hemat dan Bijak Menggunakan Uang
Kaum muda khususnya para millenials tentu berbeda dengan orang-orang zaman dulu yang tidak terlalu aktif dengan perubahan. Umumnya kaum muda sangat stay update dengan perkembangan zaman, dan memang hal ini merupakan hal yang bagus. Namun jika masalahnya menyangkut dengan daya belanja, tingkat daya belanja kaum muda ini memang sangat tinggi dan benar-benar tidak mau ketinggalan trend terkini. Apalagi soal teknologi, banyak sekali para kaum muda yang tidak mau ketinggalan gadget terkini. Dan sebenarnya, hal seperti ini bukanlah sebuah hal yang bersifat produktif, rata-rata para pengusaha muda yang sukses tidak memiliki pandangan seperti ini. Mereka berpandangan bahwa gadget merupakan sebuah sarana penunjang kebutuhan mereka dan bukan bersifat keinginan semata untuk memenuhi gaya hidup mereka. Contohnya saja jika kamu melihat sosok Bill Gates atau Mark Zuckerberg, mereka merupakan dua orang yang sangat sukses dan memiliki kekayaan yang amat tinggi, namun gaya hidup mereka sangatlah sederhana.

Hal Penting yang Perlu Dihindari Untuk Sukses Di Usia Muda

Dalam memulai menjadi pengusaha dari nol dan sukses di usia muda, ketekunan dan kegigihan serta sebuah inovasi sangat dituntut untuk dikuasai agar tidak mudah kalah dalam bersaing di dunia bisnis. Selain dengan beberapa tips bisnis diatas, ada juga beberapa hal penting yang harus dihindari para pengusaha muda agar dapat sukses dalam berbisnis.

Tidak Fokus Dengan Tujuan Utamanya
Masalah ini terkadang terjadi pada kalangan pengusaha muda, dan cukup banyak pula pengusaha yang gagal karena tidak fokus pada jenis usaha yang sedang dijalankannya. Kadang kala tak jarang juga para pengusaha muda yang berpendapat bahwa cara sukses ialah dengan mencoba berbagai macam bisnis, padahal bisnis utamanya pun masih sangat baru berjalan dan belum secara utuh menghasilkan profit. Hal ini tentunya akan membuat bisnis yang sedang dijalankan bisa terbengkalai begitu saja karena mengurus bisnis yang lainnya dan pada akhirnya apa ? Terjadilah kerugian dan kegagalan, setelahnya ditinggalkan begitu saja. Untuk itulah, cobalah untuk terfokus pada satu jenis bisnis yang kamu jalani dan pastikan kamu ahli pada bidang bisnis tersebut atau memiliki minat tinggi.

Merasa Bosan dan Jenuh
Sesuatu hal yang bersifat monoton memang dapat menyebabkan terjadinya kebosanan atau kejenuhan, hal tersebut juga berlaku pada pekerjaan bisnis. Dengan datangnya kejenuhan ini sangat berdampak pada diri seseorang dan dapat menurunkan produktivitas kerja yang menghambat kesukesan. Kejenuhan ini juga dapat mengganggu seseorang dalam belajar menjadi pengusaha sukses serta kemajuan bisnis. Rasa jenuh memang tidak bisa dihindari begitu saja, namun kamu bisa mengatasi kejenuhan yang melanda dalam berbisnis dengan berbagai cara, diantaranya ialah dengan mempelajari suatu hal baru, mengembangkan kreativitas kamu, berpikir positif dan mengganti suasana di lingkungan kerja.

Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain
Sebagai makhluk hidup anda patut bersyukur atas berbagai berkah nikmat dan rahmat yang diberikan oleh sang pencipta dengan merasa syukur atas apa yang kamu miliki saat ini, karena masih ada banyak orang yang hidup tidak berkecukupan daripada dirimu. Dan satu hal lagi, janganlah kamu merasa iri dengan orang lain yang sekiranya telah berhasil atau lebih sukses dari diri kamu. Cara sukses orang berbeda-beda dan harusnya hal ini memotivasi kamu untuk tidak patah semangat dan yakin pada diri sendiri bahwa kamu bisa dan mampu untuk lebih sukses dari orang lain. Terus tingkatkan potensi diri kamu dan berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain, dan tetap belajar menjadi pengusaha sukses. Semangat!

Sering Merasa Sok Pandai
Salah satu hambatan dalam belajar menjadi pengusaha sukses dan sukses di usia muda ialah pola pikir yang merasa “sok pandai”. Umumnya orang yang memiliki sifat semacam ini cenderung merasa bahwa dirinya paling pandai sendiri dan memandang rendah orang lain, tidak jarang pula mereka mengkritik seseorang namun dirinya sendiri anti kritikan, dan seringkali mengambil keputusan secara sepihak tanpa adanya diskusi terlebih dahulu. Ketahuilah bahwa sifat seperti ini tidak mengembangkan bisnis modal kecil kamu menjadi sukses, melainkan hancur secara perlahan-lahan.

Salah Dalam Menentukan Prioritas
Rata-rata para pengusaha muda seringkali salah dalam menentukan skala prioritas suatu hal saat berbisnis yang mengakibatkan terhambatnya laju perkembangan bisnis dalam meraih sukses di usia muda. Tentukan apa keinginanmu dan buatlah catatan mengenai hal-hal yang harus mendapatkan porsi lebih untuk diprioritaskan. Tinggalkan atau hindari berbagai hal yang sekiranya tidak terlalu penting atau tidak bermanfaat, apalagi sampai membuang-buang waktumu saja.

Demikianlah beberapa tips dan cara sukses menjadi pengusaha dari nol dalam “sukses di usia muda” yang perlu kamu ketahui. Intinya ialah komitmen yang tinggi, berani keluar dari zona nyamanmu, tidak mudah menyerah, dan tetap berinovasi.

Daftar Mitra Hollago