HollaGo - Semua Bisa Berbisnis
Shadow

Cara Menghilangkan Stress Dengan Manajemen Stress

HOLLAGO.ID – Secara umum, Stress adalah salah satu elemen dari psikologis dan fisik normal terhadap peningkatan beban dari kehidupan. Menurut survey, banyak masyarakat amerika yang mengalami tingkat stress dari tahun ke tahun. Stress biasanya datang sebagai peringatan dari otak atas tekanan yang kita jalani. Biasanya Setelah stress itu tidak ada badan kita akan kembali normal lagi. Sayangnya di jaman sekarang alarm itu tak akan pernah hilang, mengingat beban hidup di jaman sekarang semakin besar.

Biasanya Seiring waktu, tingkat stres yang tinggi menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi si penderitanya. Itu sebabnya kami akan memperkenalkan manajemen stress. Tanpa manajemen stres, biasanya tubuh anda selalu waspada.

Dalam artikel ini kami akan memberikan sedikit info mengenai cara manajemen stress dan cara menghilangkan stress.

MANAJEMEN STRESS

PENGERTIAN MANAJEMEN STRESS

Stress di ambil dari Bahasa inggris yang artinya tekanan. Dalam arti yang kita bahas kali ini tekanan yang dimaksud adalah tekanan yang kita rasakan secara fisik oleh tubuh kita. Reaksinya pun ada banyak.

Contohnya rasa tegang atau grogi saat ada diatas panggung atau mau buang air kecil. Nah contoh di atas bisa di katakana stress meski skalanya ringan, dan terkadang stress ringan malah baik untuk perkembangan otak lho.

Namun kali ini kita akan membahas yang Namanya stress berat. Saat stress berat, kesehatan kita juga ikut terganggu. Apalagi akan merusak mood kita. Biasanya yang biasanya di lakukan adalah dengan manajemen stress.

Secara umum, manajemen stress artinya cara seseorang yang efektif untuk mengatasi gangguan atau kekacauan mental dan emosional yang muncul karena tanggapan baik dari luar, atau dari dalam. Tujuan diadanya manajemen stress adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat secara jasmani dan rohani. Secara garis besar, manajemen stress bisa di katakana sebagai langkah umum dalam menangani cara mengatasi stress itu sendiri.

TIPS ATASI STRESS DENGAN MANAJEMEN STRESS

Secara keseluruhan, manajemen stress mencakup gaya hidup, pikiran, emosi, dan bagaimana caranya kita dalam menghadapi masalah. Seberat apapun stress yang kita hadapi, ada langkah khusus yang bisa kita ambil untuk menekan dan mengurangi beban tersebut.

Berikut ada 7 langkah yang bisa kami sampaikan untuk mengatasi stress dengan manajemen stress.

IDENTIFIKASI KEBIASAAN DAN PERILAKU YANG MENYEBABKAN STRES

Yang pertama kita lakukan adalah mengidentifikasi sumber stress itu sendiri. Sangat mudah untuk mengindensifikasi sumber stress, semisal berhenti pekerjaan, di putus cinta, atau terlilit hutang. Untuk tau di mana sumber stress kita, kita perlu perhatikan secara dekat kebiasaan, sikap dan alasan kenapa stress itu muncul. Anda bisa menulis jurnal setiap anda merasakan stress.

Hal hal yang bisa anda tulus adalah, Pertama adalah penyebab kita mengalami stress. Kedua yang kita rasakan saat stress, baik fisik maupun mental. Ketiga bagaimana caranya kita menjawab stress itu. Keempat adalah yang bisa kita lakukan agar bisa menghilangkan stress itu sendiri.

Biasanya saat kita sudah bisa mengenali penyebab stress itu sendiri, kita akan menemukan cara nya sendiri.

GANTI KEBIASAAN ATASI STRESS YANG TIDAK SEHAT

Saat anda sudah menuliskan jurnal tersebut, Sayangnya, banyak orang mengatasi stres dengan cara yang tidak sehat. Cara tersebut memang dapat mengurangi stres untuk namun malah akan menambah masalah, semisal masalah kesehatan.

Contoh kebiasaan mengatasi stress yang tidak sehat adalah :

  • Merokok
  • Menggunakan pil penenang
  • Minuman keras
  • Banyak tidur
  • Makanan junk food
  • Menunda pekerjaan
  • Gadget terlalu lama
  • Berlari dari masalah masalah
  • Mengurung diri

Mulailah untuk menghilangkan Kebiasaan-kebiasaan tersebut dan harus dirubah menjadi hal yang labih sehat baik terhadap fisik maupun mental. Tidak ada cara yang sama untuk mengatasi stress setiap orang. lakukanlah pada hal sehat apa yang membuat kita merasa tenang dan terkendali bisa menjadi pilihan yang baik.

TERUS BERGERAK

Siapa yang menyangka bahwa olahraga adalah obat stress yang paling ampuh. Saat olahraga, tubuh melepas hormone endorphine, yaitu hormone bahagia. Tidak usah yang terlalu berat, anda cukup jogging, senam lantai atau yang anda suka selama 30 menit. Akan menjadi sangat menyenangkan bila di tambah dengan music yang kita sukai. Di jamin hal ini akan menjadi manajemen stress yang akan anda cintai.

BERSOSIALISASI DENGAN ORANG LAIN

Berinteraksi dengan orang adalah cara tercepat dan paling praktis untuk mengendalikan stres. Saat kita berinteraksi dengan orang lain secara tak sadar kita telah membagi masalah ke orang itu. Terlebih lagi saat anda membantu orang lain, biasanya beban akan berkurang.

MENERAPKAN 4A (AVOID, ALTER, ADAPT, ACCEPT)

Beberapa jenis stress seperti beban kerja atau tuntutan rumah tangga memang menjadi yang sering di alami oleh orang sebagai penyebab utama stress. Namun, Saat stress, kita bisa melakukan 4A yaitu Avoid = menghindar, Alter = mengubah, Adapt = Menyesuaikan, dan Accept = menerima.

Avoid unnecessary stress : menghindari stress yang bisa anda hindari

Alter the situation :  Mengganti respon terhadap penyebab stress itu sendiri

Adapt to the stressor : beradaptasi dengan sumber stress

Accept the things you can’t change : menerima apapun yang seharusnya di ubah

Luangkan waktu untuk bersantai

Sama hal nya dengan olahraga, dengan melakukan hal yang kita senangi mampu menanggulangi stress. Dengan meluangkan waktu untuk bersenang senang, anda seperti sedang memanjakan diri dan berkata bahwa diri anda berharga lebih dari apapun.

Yang paling terpenting dalam manajemen stress adalah sedini mungkin untuk menghindari stress itu sendiri, caranya bisa dengan rajin berolahraga, kurangi rokok dan alkolhol tidak kalah penting mengunragi gula dan kafein. Dengan begitu hidup tenang bisa kita raih. Sehingga kita tak perlu susah susah mencari informasi cara mengatasi stress.

Demikianlah sedikit informasi mengenai manajemen stress. Dengan menerapkan beberapa hal yang sudah di sampaikan, semoga kita bisa menjadi pribadi yang bukan hanya sehat dalam urusan jasmani, namun juga rohani. Baik fisik ataupun psikis. Semoga bisa bermanfaat.