HOLLAGO.ID – Dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan dan karyawan anda terhadap produk bisnis anda mungkin bukanlah hal yang mudah dan bahkan cenderung rumit, tetapi memang selain penting untuk mendapatkan penjualan, kepercayaan mereka pun penting untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Jika anda dapat membuat mereka percaya terhadap produk bisnis kecil anda, tentu akan lebih mudah rasanya mengelola bisnis modal kecil anda dan memberikan mereka pelayanan dengan baik. Berikut ini beberapa tindakan nyata yang dapat membangun kepercayaan dalam berbisnis modal kecil, yaitu tindakan yang dilakukan dengan komitmen, komunikasi serta kompetensi.

Tunjukkan Bahwa Anda Mempercayai Orang Lain
Salah satu cara yang dapat dilakukan ialah dengan bermurah hati dan memaafkan ketika orang lain membuat suatu kesalahan ataupun telah mengecewakan anda dalam berbagai hal. Karena sebenarnya tidak semua orang bermaksud bodoh atau sengaja, maka lebih baik beri kesempatan dan biarkan mereka memperbaiki kesalahan mereka dan mereka akan mempercayai anda atas kemurahan hati anda.

Ciptakan Hubungan yang Saling Menguntungkan
Baik anda, karyawan anda, ataupun pelanggan anda tentu ingin membuat keputusan yang tepat, apalagi bagi seorang pelanggan tentu ingin percaya bahwa keputusan mereka dalam memilih produk bisnis anda ini adalah suatu hal yang tepat. Maka dari itu mereka perlu memahami dan mengetahui dengan jelas nilai produk bisnis modal kecil anda tersebut. Demikian pula dengan karyawan yang ingin merasa senang dalam mengambil kepemilikan dan menunjukkan kepercayaan anda yang ada. Dengan kata lain, suatu kepercayaan ini merupakan tentang menunjukkan bentuk kepedulian anda terhadap mereka, yaitu karyawan ataupun pelanggan anda dan anda pun akan mendapatkan feedback yang sama pula dari mereka.

Langsung Mengatasi Masalah
Cara anda dalam mengatasi sebuah permasalahan akan menjadi apa yang menanamkan kepercayaan pada diri pelanggan anda. Kepercayaan seorang pelanggan akan berkembang dan meluas melalui penyampaian layanan, impelentasi, perawatan dan dukungan. Di setiap langkahnya, anda bisa saja merusak kepercayaan mereka atau malah meningkatkannya. Maka dari itulah mengapa penting untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang sesuai dengan yang dijanjikan sebelumnya jika memang ingin dipercaya. Hal harus anda ingat ialah jika mau dipercaya pelanggan, anda harus peduli, menanggapi keluhan mereka dengan cepat dan baik.

Berkata Dengan Sebenarnya
Dalam menjalankan bisnis seperti bisnis modal kecil, jangan sekali-sekalinya anda berpikiran bahwa pelanggan tidak bisa mengetahui kebenaran informasi. Bersikaplah jujur dan terbuka pada pelanggan dan karyawan anda, jika anda sampai terjebak pada kebohongan maka anda tidak akan bisa mendapatkan kepercayaan mereka lagi. Menjaga sebuah janji juga salah satunya, jangan menjanjikan suatu hal yang tidak bisa produk anda berikan. Pikirkan hal yang realistis dan lakukan yang terbaik.

Menghormati Waktu Mereka
Mayoritas orang masa kini tidak memerhatikan tingkat kesopanan dan rasa hormat mereka. Agar anda dapat kepercayaan mereka, anda juga perlu mengingat kedua hal ini, contohnya seperti membalas pesan dan masukan mereka dengan segera, dan hal lainnya tanpa menunda-nunda. Tentunya anda juga tidak mau bukan jika pelanggan anda menunda pembayaran mereka disaat sudah memesan produk bisnis modal kecil anda ?

Baca Juga : Tips Memulai Bisnis Modal Kecil Untuk Pemula

Daftar Mitra Hollago