HOLLAGO.ID – Satu dari sekian banyak rintangan yang dihadapi oleh pemiliki bisnis modal kecil ialah mengeluarkan informasi terkait bisnis barunya. Atau jika bisnis ini didirikan, maka perlu mengembangkan bisnis modal kecilnya dan menarik pelanggan baru. Dan dalam penjualan, pemasaran merupakan jantungnya yang vital. Bagi pemilik bisnis modal kecil yang umumnya belum memiliki pengalaman yang cukup di bidang pemasaran, hal ini mungkin akan terasa cukup sulit.

Namun kabar baiknya adalah banyak pemilik bisnis modal kecil yang bisa melakukan pemasaran bisnis kecil mereka dengan mudah dan efisien. Bagi anda yang merupakan seorang pemula, bisa mengintip cara menerapkan bisnis modal kecil untung besar dan menguasai pemasaran :

Buat Proporsi Nilai Anda
Langkah awal saat memasarkan bisnis modal kecil secara efektif ialah dengan anda memahami kemampuan anda di sektor bisnis anda itu. Nantinya mungkin anda akan berhadapan dengan berbagai macam persaingan dengan kompetitor, maka dari itulah anda perlu meluangkan waktu untuk menjabarkan apa saja yang membuat anda berbeda dari kompetitor anda. Membaca publikasi perdagangan yang relevan, juga ikut berpartisipasi pada acara industri. Hal ini tentunya dapat memungkinkan anda untuk mengidentifikasi tren terkini serta tetap update berita penting lainnya.

Hal tersebut juga membantu anda dalam mengidentifikasi para kompetitor anda terkait apa yang mereka lakukan dan bagaimana cara mereka dalam menunjukkan diri kepada para calon pelanggan mereka. Setelahnya tentukan target market anda dan apa yang mereka inginkan. Identifikasi dengan jelas terkait layanan yang anda berikan dan solusi masalah yang anda selesaikan kepada pelanggan target market anda. Hal ini akan membantu anda dalam menentukan proporsi nilai unik bagi anda, sebuah manfaat unik yang anda sediakan bagi para pelanggan anda.

Maksimalkan juga Bisnis Online Anda
Dengan berbekal pemahaman yang jelas mengenai bisnis modal kecil anda, ini waktunya anda mulai memasarkannya kepada para calon pelanggan anda. Walaupun ada banyak channel atau saluran dalam memasarkan produk yang butuh pertimbangan, namun pada umumnya yang paling efisien dan juga hemat biaya ialah melalui internet atau online. Luangkan sedikit waktu anda untuk mengaudit keberadaan bisnis modal kecil online anda ini, tempat yang mudah untuk memulainya ialah dengan membuat toko online anda di berbagai marketplace, atau lebih bagus jika anda memiliki situs website sendiri.

Perlu anda pastikan bahwa desain situs web anda konsisten denan merek produk anda dan mudah dinavigasi bagi para pelanggan, dan mencari informasi yang mereka butuhkan. Disamping itu, anda juga perlu mempertimbangkan untuk menambah blog ke situs web anda dan update produk kepada pelanggan.

Pertimbangkan Konten Premium
Fitur berbayar pada media sosial seperti Facebook bisa menjadi salah satu cara dalam meningkatkan profil bisnis modal kecil anda. Misalnya saja anda ingin menargetkan pelanggan yang tepat dengan iklan Facebook. Namun dengan adanya konten berbayar ini, anda juga perlu memberikan nilai lebih dari yang umumnya, sebab mereka membayar untuk bisnis anda. Apabila anda memiliki kemampuan dalam memasukkan pendekatan ini ke anggaran dan arus kas, maka hal ini perlu dipertimbangkan. Karena terkadang (campaign) kampanye kecil bisa mendatangkan perubahan besar. Terlepas dari jenis bisnis mau bisnis modal kecil ataupun besar, setiap pemilik bisnis bisa menggunakan alat yang tersedia dalam memasarkan bisnis mereka dengan sukses.

Baca Juga : Tips Konten Medsos Untuk Dongkrak Bisnis Modal Kecil Online

Daftar Mitra Hollago